Monday, October 1, 2018

Lomba Penulisan Media Pembelajaran 2019 (Tingkat Guru)


Sebagai suatu forum yang menyajikan banyak sekali hasil karya dan cipta serta karsa insan sepanjang zaman, museum juga merupakan daerah yang sempurna untuk dijadikan sebagai sumber belajar. Melalui benda yang dipamerkannya, pengunjung sanggup berguru ihwal nilai dan perhatian serta kehidupan generasi pendahulu sebagai bekal di masa sekarang dan citra untuk kehidupan di masa mendatang. Selain itu, melalui pemanfaatan museum sebagai sumber belajar, sebagai potongan dari pembelajaran dengan pendekatan warisan budaya, diperlukan siswa sanggup tumbuh menjadi generasi yang cerdik dengan tidak melupakan akar budaya bangsanya.

Adapun proses pembelajaran tidak melulu berlangsung dalam ruangan kelas di sekolah tetapi sanggup juga berlangsung di lingkungan masyarakat, sehingga museum sebagai potongan dari masyarakat merupakan salah satu daerah yang sanggup dipilih oleh guru untuk aktivitas pembelajaran di luar kelas, alasannya yaitu koleksi bazar dan diorama museum sanggup membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahan pelajaran yang diajarkan di dalam kelas, terutama bahan yang berkaitan dengan sejarah perkembangan insan dan lingkungan.
.
Sebagai cara untuk mewujudkan kiprah dan fungsi Museum Perumusan Naskah Proklamasi yaitu melaksanakan publikasi dan promosi maka pada Tahun Anggaran 2019, Museum Perumusan Naskah Proklamasi mengadakan aktivitas “Lomba Penulisan Metode Pembelajaran”.
.
Lomba ini akan berlangsung dalam dua tahap yaitu Babak Penyisihan yang berlangsung dari tanggal 2 April – 2 Mei 2019 dan Babak Final pada tanggal 25 Juni 2019. Pada babak penyisihan para akseptor diminta mengirimkan hasil karya tulis dalam bentuk soft copy dengan format .pdf melalui email yang beralamat di munasprok@kemdikbud.go.id. Kemudian panitia akan mengumumkan 6 nomine yang masuk Babak Final untuk mempresentasikan karya tulis mereka dihadapan juri melalui media Video Conference.
.
Narasumber dan juri yang terlibat dalam aktivitas ini yaitu para pemangku kepentingan dan profesional dibidangnya. Mereka antara lain :
Narasumber : Wendi Kuswandi, SE (Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud)
Juri :
Dr. Kresno Yulianto (Universitas Indonesia);
Dr. Umasih (Universitas Negeri Jakarta);
Dr. Luh Anik Mayani (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud)
.
Diharapkan aktivitas ini akan membuka kesempatan kepada guru sejarah untuk menciptakan suatu kajian ilmiah mengenai pemanfaatan museum sebagai sarana pembelajaran. Hasil pengkajian tersebut sangat penting sebagai sumbangsih untuk dunia pendidikan dan permuseuman Indonesia.

Ketentuan lomba sanggup dibaca di sini atau di sini
Untuk lampiran sanggup mengunduh : Format Lampiran LOMBA PENULISAN MEDIA PEMBELAJARAN 2019
Sumber : https://kebudayaan.kemdikbud.go.id

Sumber http://supiadi74.blogspot.com


EmoticonEmoticon