Monday, October 1, 2018

Mengatasi Username (Email) Data Gagal Disimpan Di Dapodik Versi 2019.D


"Data gagal disimpan mungkin username (email) yang digunakan telah digunakan sebelumnya di dalam database.. Silahkan coba memakai username (email) lain". Pesan ini ditampilkan dikala Anda sedang merubah password usang dengan password gres akun GTK di Dapodik. Mungkin password yang usang lupa sehingga guru tidak dapat melaksanakan login oleh alasannya yaitu itu Anda berusaha untuk menggantinya dengan password yang gres namun gagal untuk disimpan.

Sebenarnya dilema tersebut sangat gampang untuk diatasi alasannya yaitu hanya tinggal menyebarkan username yang gres untuk GTK tersebut.

Selain itu akun GTK yang di sinkronkan di dapodik dapat dimanfaatkan oleh PTK untuk kepentingan transaksi dengan aplikasi yang dikelolah oleh Ditjen GTK. Misalnya Versi Login Info GTK Semester 2 Terbaru 2019 sekarang dapat memakai account PTK.

Nah untuk mengatasi dilema data gagal disimpan mungkin username (email) yang digunakan telah digunakan sebelumnya di dalam database. Silahkan coba memakai username (email) lain. 

Langkahnya ini hanya dapat dilakukan oleh operator:
1.Pada sajian GTK (guru) tekan tabel GTK yang akan diubah datanya
2.Tekan pada tombol ubah yang ada dibarisan sajian atas
3.Pada data edit PTK scrool kebawah cari data email. Silahkan ganti dengan email yang baru
4.Simpan dan lakukan refresh (F5)

Setelah data email sudah dibuatkan selanjutnya menyebarkan password gres dengan cara:
1.Pada sajian GTK (guru) tekan tabel GTK yang akan dibuatkan password baru
2.Tekan pada tombol penugasan yang ada dibarisan sajian atas
3.Tekan pada tombol buat/ubah akun PTK
4.Masukkan password gres dan konfirmasi password
5.Simpan

Lakukan Sinkronisasi biar akun tersebut dapat digunakan oleh GTK login ke semua aplikasi yang di dikelolah oleh Ditjen GTK ibarat Info GTK dan yang lainnya.

Sumber http://supiadi74.blogspot.com


EmoticonEmoticon