Tuesday, September 25, 2018

Seleksi Bersama Penerimaan Guru Dan Tenaga Kependidikan Sekolah Indonesia Di Luar Negeri (Siln) Tahun 2019


Dalam rangka memenuhi kebutuhan Guru dan Tenaga Kependidikan pada Sekolah Indonesia di Luar Negeri, Kementerian Pendldikan dan Kebudayaan membuka kesempatan bag! Guru dan Tenaga Kependidikan berstatus bukan PNS yang memenuhi persyaratan dan berminat untuk ditugaskan pada Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

Rekrutmen Penerimaan Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) Tahun 2019 tertuang dalam Pengumuman Kemendikbud Nomor 34401/A.A3/KP/2019 wacana Seleksi Bersama Penerimaan Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) Tahun 2019

Adapun Formasi Guru dan Tenaga Kependidikan SILN yang dibuka dalam Seleksi Bersama Penerimaan Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) Tahun 2019 ialah sebanyak 40 orang.

>>> PERSYARATAN
1. PERSYARATAN UMUM
  • a.  Warga Negara Indonesia (WNI)
  • b.  Usia maksima! ketika mendaftar 40 tahun
  • c.  Sehat jasmani, rohani dan bebas NARKOBA
  • d. Berkelakuan balk dan tidak pernah dieksekusi penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan aturan tetap
  • e.  Diutamakan mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)
  • f. Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta serta tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi pemerintah.

2.PERSYARATAN KHUSUS
a. GURU
  • 1) Berstatus sebagai Guru bukan Pegawai Negeri Sipil.
  • 2) Berijazah minimal S-1 sesuai bidang yang diharapkan dengan minimal IPK 2.75
  • 3) Memiliki Sertifikat Profesi Pendidik yang linear dengan jabatan yang dilamar
  • 4) Memiliki kecakapan dalam berbahasa inggris dibuktikan dengan akta TOEFL
  • Prediction Score minimal 450 atau IELTS 5.0
  • 5) Diutamakan mempunyai pengalaman mengajar sesuai bidang yang diampu minimal 2 (dua) tahun.
  • 6) Diutamakan mempunyai sertifikat/penghargaan tingkat nasional sebagai keterampilan
  • tambahan selain mengajar, seperti: Olahraga, Pramuka, Seni Budaya, Keagamaan, Prakarya, Teknologi Informasi Komunikasi (ICT), Akuntansi/Keuangan dll.
  • 7) Bagi pelamar Guru di Sekoiah Indonesia Tokyo dan Davao diutamakan laki-laki, dan khusus pelamar Sekoiah Indonesia Tokyo diutamakan mempunyai kemampuan mengemudi kendaraan roda empat dan dibuktikan dengan melampirkan fotokopi SIM A.

b. TENAGA KEPENDIDIKAN
  • 1)  Berstatus bukan Pegawai Negeri Sipil.
  • 2)  Berijazah minimal S-1 sesuai bidang yang diharapkan dengan minimal IPK 2.75
  • 3) Memiliki kecakapan dalam berbahasa Inggris dibuktikan dengan akta TOEFL Prediction Score minimal 450 atau IELTS 5.0.
  • 4) Memiliki pengaiaman bekerja minimal 3 (tiga) tahun pada bidang tata usaha/administrasi perkantoran serta memahami pengeloiaan keuangan dan aplikasi dapodik dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepaia Sekoiah/Ketua Yayasan.

>>> RENCANA PENJADWALAN *)
1. Pengumuman Resmi Seleksi                     : 18 April 2019
2. Waktu Pendaftaran                                    : 18 April s.d. 8 Mei 2019
3. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi : 14 Mei 2019
4. Pelaksanaan Seleksi                                   : 21 s.d 24 Mei 2019
5. Pengumuman Hasil Seleksi                        : Juni 2019

>>> TATA CARA PENDAFTARAN
Pendaftaran daring mulai tanggal 18 April s.d 8 Mei 2019 pukul 12.00 WIB, dengan mekanisme sebagai berikut:
1.  peserta seleksi wajib memiiiki alamat surat eiektronik yang aktif;
2. penerima seleksi meiakukan pendaftaran/registrasi awal secara daring melaiui laman http://mutasi.sdm.kemdikbud.go.id/siln dengan cara memasukkan nomor sertifikat profesi pendidik, NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dan atau NPSN (Nomor Pokok Sekoiah Nasionai) bagi yang memiiiki, nama, daerah lahir, tanggal lahir, dan alamat surat eiektronik;
3. pendaftaran lanjutan dilakukan dengan cara login memakai username dan password/yang dikirim oleh Sekretariat Panitia Seleksi Bersama melalui surat elektronik peserta seleksi. Tahapan pendaftaran lanjutan meliputi:
a) Memilih jabatan yang akan dilamar;

b) Mengisi gosip data diri pelamar meliputi:
  • 1) Data pokok pelamar
  • 2) Riwayat Pendidikan yang telah ditempuh
  • 3) Riwayat jabatan/pengalaman jabatan yang pernah ditekuni
  • 4) Informasi pendidikan dan pembinaan yang pernah diikuti
c) Mengunggah hasil pindai dokumen/berkas yang dipersyaratkan sebagai berikut:
  • 1) Pas foto ukuran 3x4 dengan besar file maksimal 500 Kb.
  • 2) Surat lamaran yang ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,- yang ditujukan kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan tembusan kepada Pimpinan unit kerja yang bersangkutan (format dapat diunduh pada sajian UNDUH pada link http://mutasi.sdm.kemdikbud.go.id/siln/x-unduh/02-format-surat-lamaran.doc)
  • 3) Surat izin mengikuti proses seleksi yang ditandatangani oleh pimpinan institusi asal (sekolah/yayasan).
  • 4) Sertifikat Profesi Pendidik
  • 5) Kartu Tanda Penduduk dan Akte Lahir
  • 6) Ijazah pendidikan terakhir
  • 7) Surat keterangan mengajar dari yayasan yang mengatakan akumulasi pengalaman mengajar sesuai dengan bidangyangdiampu bagi pelamar guru SILN.
  • 8) Surat keterangan pengalaman bekerja sebagai Tenaga Kependidikan di sekolah Kepala Sekolah/Ketua Yayasan.
  • 9) Surat rekomendasi berkelakuan baik dari pimpinan institusi (sekolah/yayasan).
  • 10) Sertifikat TOEFL Prediction Score internasional/institusional atau lELTS yang masih berlaku.
  • 11) Sertifikat/penghargaan keterampilan aksesori selain mengajar, seperti: olahraga, pramuka, seni-budaya, keagamaan, prakarya, atau teknologi informasi komunikasi (ICT), akuntansi/keuangan, dll.
  • 12) Surat Keterangan sehat dari Dokter Pemerintah.
  • 13) Deskripsi diri, potensi dan motivasi menjadi guru/tenaga kependidikan SILN dalam Bahasa Indonesia dan Inggris masing-masing 1 lembar yang diketik menggunakan jenis abjad Arial ukuran 12 dengan spasi 1,15 ukuran kertas A4 dalam format PDF.
d) Menandatangi surat pernyataan bermaterai Rp.6.000,- bahwa semua dokumen yang disampaikan ialah benar dan sanggup dibuktikan keasliannya (format dapat diunduh pada sajian UNDUH/pada link http://mutasi.sdm.kemdikbud.go.id/siln/x-unduh/03-format-surat-pernyataan-keaslian-dokumen.doc)

e) Mencetak kartu penerima seleksi

Selengkapnya file bisa d0wnl0ad disini

Sumber http://supiadi74.blogspot.com


EmoticonEmoticon