Thursday, September 27, 2018

Panduan Lomba Budaya Mutu (Lbm) Sekolah Dasar Tahun 2019


Lomba Budaya Mutu di SD dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai upaya pelatihan mutu SD untuk menghasilkan sekolah bermutu tinggi. Lomba difokuskan pada evaluasi mutu pendidikan secara keseluruhan, yang mencakup: 
1) Manajemen Berbasis Sekolah, 
2) Pembelajaran, 
3) Ekstrakurikuler, 
4) Perpustakaan, dan 
5) UKS (Usaha Kesehatan Sekolah).

Budaya mutu sekolah merupakan faktor penting dalam membentuk siswa menjadi insan yang mempunyai perilaku optimis, berani, terampil, ulet, disiplin, berfikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif. Sekolah yang mempunyai keunggulan budaya mutu sanggup dilihat dari beberapa variabel menyerupai manajemen sekolah, proses pembelajaran, acara ekstrakurikuler, kinerja perpustakaan, dan perjuangan kesehatan sekolah, yang bermuara pada capaian prestasi sekolah.

Lomba dilakukan dengan cara menawarkan kesempatan kepada seluruh kabupaten/kota di Indonesia untuk mengirimkan sekolah terbaiknya, yang kemudian akan dipilih melalui empat tahapan yaitu, 
(1) seleksi manajemen online (daring), 
(2) seleksi dokumen (portofolio), 
(3) Visitasi lapangan, dan 
(4) presentasi dan wawancara. Keseluruhan proses tahapan seleksi akan dipakai untuk menetapkan sekolah berbudaya mutu tingkat nasional.


Info selengkapnya mengenai Lomba Budaya Mutu di SD sanggup d0wnl0ad di sini

Sumber http://supiadi74.blogspot.com


EmoticonEmoticon